Selasa, 03 April 2018

BERDIRILAH DI DALAM IMAN




Di bawah Taurat, Allah meminta kehidupan yang benar dari kudus dari manusia yang cemar dan lemah.
Jadi di bawah Taurat, manusia menyadari dirinya orang lemah dan berdosa yang harus memenuhi seluruh kehendak Allah. Itu sebabnya mereka perlu berjuang sangat keras. Adapun hasilnya tetap........ selalu jatuh dan jatuh lagi, sehingga mereka akan terus menerus tertunduk di hadapan Allah untuk minta-minta ampun.
Dahulu itu benar karena memang demikianlah kenyataannya di alam roh, bahwa semua manusia adalah orang terhilang. Mereka semua adalah manusia LAMA. Kirbat LAMA, tanpa pandang bulu. Termasuk Daud? Ya, termasuk Daud, Musa, Elia!
Tetapi oleh karena pengorbanan Yesus di kayu salib, kita yang percaya kepada-Nya beroleh kasih karunia yang begitu besar...saking besarnya, banyak di antara kita tidak dapat mempercayainya --dan itu menyedihkan..... apa itu? Kita dipulihkan menjadi anak Allah.
Daud bukan anak Allah. Juga Musa, juga Elia. Mereka memang orang yang sangat luar biasa. Kisah hidup mereka ditulis untuk dapat menjadi teladan bagi kita. Kecintaan dan kemelakatan hati Daud pada Allah ---itu patut kita teladani.... kelemah lembutan dan kerelaan Musa untuk mengorbankan dirinya dalam memimpin bangsa sebebal orang Israel ---itu patut kita renungkan..... iman Elia, itu pantas kita renungkan... dan tokoh-tokoh dari Perjanjian Lama.
Tetapi satu hal, mereka bukan anak Allah. Mereka tetap anak Adam Cemar, manusia-manusia yang kehilangan kemuliaan Allah. Allah bukanlah BAPA mereka. Itu sebabnya Allah tidak pernah menyebut mereka: anak-Ku Daud, anak-Ku Musa, anak-Ku Elia.....melainkan: hamba-Ku Daud, hamba-Ku Musa, hamba-Ku Elia.
Hubungan mereka dengan Allah belum dipulihkan, dan tidak mungkin dapat dipulihkan meskipun oleh segala ketekunan dan kespektakuleran perbuatan-perbuatan mereka.
Itu supaya anda semua tahu seberapa besar YESUS sehingga Ia mampu memulihkan orang-orang terhilang, termasuk para pendosa besar dan para pelacur --yang disebut sampah masyarakat itu--- menjadi anak Allah, dalam pengertian sebenar-benarnya.
Saya mau anda tahu, Yesus adalah Allah Yang Maha Tinggi sendiri, dalam rupa manusia. Ia adalah Pencipta langit dan bumi dan alam semesta raya ini. Ia amat amat sangat besar. Tidak ada yang lebih besar dari Dia. Tetapi Dia Yang Maha Tinggi itu, Yang Awal dan Yang Akhir, merelakan diri-Nya disembelih untuk menebus anda dan menjadikan anda anak Allah. Kurangkah DARAH YANG MAHA TINGGI menurutmu untuk menjadikan dirimu sebagai anak Allah?
Jika anda tetap menolak untuk mempercayai anugerah-Nya yang besar itu, dan berpikir bahwa anda harus mengusahakannya dengan kerja keras anda (biar terdengar lebih rohani: dengan pertolongan Tuhan Yesus)---- sesungguhnya anda TIDAK MENGENAL YESUS. Dan karena anda tidak mengenal-Nya, anda sesungguhnya tidak percaya kepada-Nya.
Jadi terimalah kenyataan itu, saudara2ku. Terimalah kenyataan bahwa anda ini, ketika anda percaya, sungguh2 telah menjadi manusia BARU.
Karena itu, pola atau struktur kerohanian anda tidak boleh lagi seperti manusia yang berada di bawah Taurat, seperti yang saya jelaskan di alinea-alinea pertama. Pola rohani anda haruslah dibangun di atas IMAN, iman di dalam Kristus...iman percaya kepada apa yang telah YESUS perbuat atas kamu. Bahwa anda andalah anak Allah karena Yesus, anda adalah orang benar dan orang kudus karena Yesus, anda adalah pendatang-pendatang di planet ini dari Sorga Bapa.
Ketika anda berdiri di atas IMAN ini, percayalah, anda akan merasakan perubahan besar dalam hidup anda, baik cara anda hidup, cara anda bersikap, cara anda berpikir, cara anda merasa, cara anda memandang dunia ini...DALAM SEGALA HAL YANG DISEBUT PERBUATAN.
Galatia 2:16
Kamu tahu, bahwa tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kami pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorang pun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat.
Galatia 3:23
Sebelum iman itu datang kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat, dan dikurung sampai iman itu telah dinyatakan.
Galatia 3:25
Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun.
Galatia 3:26
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar