Selasa, 03 April 2018

Kesalahan Banyak Pengajar Mengenai IMAN TANPA PERBUATAN ADALAH MATI



========
Yakobus 2:26
Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.
Saudaraku yang terkasih...
Ayat firman Tuhan yang saya kutip dari surat Yakobus di atas adalah salah satu ayat yang sangat populer akan tetapi DISALAHMENGERTI banyak orang. Mereka merenungkan Alkitab sebagai orang terhilang, yang sedang mencari Allah, dan akibatnya, mereka salah mengerti dengan banyak ayat, termasuk dengan ayat di atas.
Iblis telah menipu banyak orang ---yang mengalami KRISIS IDENTITAS-- yang membaca ayat itu dan banyak ayat sejenis, yang membisikkan kepada mereka:
"Nah, tuh kan. Siapa bilang kamu selamat karena percaya Yesus saja. Kamu harus mengejarnya dengan perbuatanmu sendiri."
Sisa iman akan berita Injil, membuat bisikan tadi tercampur, membuat IMAN nya tidak murni lagi. Di dalam kepalanya sekarang terbentuk paham: "Kita selamat karena percaya Yesus, plus perbuatan-perbuatan kita untuk hidup kudus."
Itu sebabnya, ratusan pendeta begitu leluasa berkotbah di gereja-gereja: "Cukup percaya Yesus kamu jadi selamat? Apa!? Helloooww....Kamu buta ya??? Lihat Alkitab yang benar! Lihat ayat Yakobus 2:26, ayat ini itu! Siapa berkata "percaya Yesus" cukup untuk selamat, maka dia SESAT...!!!!"
Dan ratusan bahkan ribuan jemaat berkata: amen, amen.
Hari itu tanpa mereka tahu, apa yang mereka lakukan secara massal, ialah mereka ramai-ramai sedang menyangkal Dia, YESUS KRISTUS --YANG AWAL DAN YANG AKHIR--- yang telah mati di kayu salib untuk menebus mereka....menyangkal kekuatan salib-Nya...menyangkal anugerah yang telah Ia berikab bagi mereka....menyangkal karya terbesar-Nya....
I Korintus 1 : 18
Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.
Mengapa kita memilih bergabung menjadi golongan MEREKA YANG AKAN BINASA?
Mengapa kita berpaling dari iman dan pengharapan kita kepada Injil Kristus, dan termakan oleh pengajaran-pengajaran dari mereka yang kurang mengenal Allah dan sedang mengalami KRiSIS IDENTITAS?
Baiklah....
Saudara-saudaraku, sekarang saya akan menjelaskan kepadamu apa yang Tuhan maksudkan dengan ayat di atas "iman tanpa perbuatan adalah mati", sebagaimana yang telah Roh Kudus singkapkan kepada saya, untuk kemurnian IMAN kita.
Pertama-tama, saya sampaikan kepada anda, hai saudara2ku orang percaya, setiap kali engkau membaca ayat Alkitab bagian manapun, engkau harus TETAP dalam keyakinan yang teguh bahwa engkau ini telah menjadi manusia BARU, manusia yang telah DIPERDAMAIKAN dengan Allah, manusia kudus dari sorga...karena darah Anak Domba Allah, YESUS KRISTUS.
Jika IMAN anda telah teguh akan hal itu, engkau akan begitu mudah mengerti hal-hal yang mungkin masih tersembunyi dari setiap ayat, sehingga engkau tidak menafisrkannya sebagai orang terhilang,,..kirbat LAMA, yang akan selalu melahirkan penafsiran KELIRU.
Kebanyakan orang, yang disebut pendeta, pengajar, pengkhotbah, yang dijuluki hamba-hamba Tuhan...oleh karena KRISIS IDENTITAS yang mereka alami, akhirnya mengajarkan AYAT DI ATAS, didukung banyak ayat lainnya, dengan ajaran yang menimbulkan kesan bahwa seolah-olah ada DUA POHON yang menjadi sumber keselamatan, yaitu POHON IMAN dan POHON PERBUATAN.
"Ada dua pohon: IMAN, itu satu...dan PERBUATAN, itu satu lagi. Tanpa perbuatan, iman itu iman yang mati. Jadi, ada POHON APEL dan POHON MANGGA. Kedua2nya harus ada lengkap. Kalau hanya salah satu, TIDAK SELAMAT."
Bukankah kesan "dua pohon sumber keselamatan" itu yang terus menerus diajarkan dimana-mana di akhir zaman ini?
Tetapi Roh meneguhkan saya bahwa hanya ada SATU sumber keselamatan:YESUS KRISTUS. Dan barang siapa yang percaya (BERIMAN) kepada-Nya, diselamatkan.
Yohanes 3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal
(P)
Nah lho, jadi bagaimana dengan ayat di surat Yakobus di atas Pak? Beda dong sama Yohanes 3 : 16. Mana dong yang benar?
(J)
Oh, kedua ayat itu SAMA, Pak Tetapi karena Bapak tidak mengerti, maka di telinga Bapak terdengar berbeda. Yohanes berkata: "Saat panas hari, paling enak minum es teh". Dan Yakobus berkata: "Es itu dingin. Kalo es nggak dingin, berarti itu bukan es. Itu es palsu." Dimana bedanya, Pak?
Saudaraku kekasih...
Apakah anda benar sudah percaya Yesus?
Apa yang anda percayai tentang Yesus?
Jika anda mengaku telah percaya Yesus, tetapi anda BELUM SADAR, BELUM YAKIN PENUH bahwa anda ini sesungguhnya SUDAH DIUBAH, dari seorang manusia LAMA, manusia yang terhilang... menjadi manusia BARU, manusia benar, manusia kudus, anak Allah, pendatang dari Sorga Bapa,,,maka sesungguhnya anda ini BELUM PERCAYA YESUS...atau paling tinggi, anda ini sebenarnya MASIH BAYI di dalam Tuhan...meskipun engkau ini telah menjadi PENDETA BESAR.
(Sebab hanya bayi --katakanlah dia bayi laki-laki-- yang tidak sadar bahwa dia seorang laki-laki. Dia belum mengenali identittasnya.)
Tetapi jika anda benar-benar telah percaya bahwa anda SUDAH DIUBAHKAN oleh Yesus menjadi MANUSIA BARU, dan kesadaran identitas ini telah teguh melekat di hati dan pikiran anda,,maka PASTI, PASTI, PASTI, anda akan menghasilkan buah PERBUATAN-PERBUATAN yang manis dan sedap....perbuatan-perbuatan kasih..perbuatan-perbuatan kudus...anda sadar bahwa Bapa mengasihi anda, dan kasih itu membuat hati anda penuh damai sepanjang hari,,sehingga anda ini ditemukan orang penuh kelemahlebutan,,rendah hati,,penuh senyuman,,dan mudah mengampuni,,jug apenuh belas kasihan.
Jadi terimalah penyingkapan ini, yang saya bagikan kepada anda, sebagaimana Tuhan Yesus singkapkan kepada saya...
PERBUATAN adalah buah.
IMAN adalah akar.
Itu bukan dua pohon yang berbeda.
Buah yang busuk dan rusak hanyalah menandakan akarnya busuk dan bermasalah.
Jika buahmu ditemukan busuk dan tidak enak, pahit dan keras-keras....maka sesungguhnya, ANDA BELUM MEMILIKI IMAN yang benar kepada YESUS. Iman anda ,,,,,yang anda kira iman itu,,,sesungguhnya iman yang PALSU...IMAN YANG MATI.
Dengarkan sungguh-sungguh penjelasan Rasul Yakobus dalam suratnya, supaya anda semakin mengerti apa yang sedang ia tuliskan:
Yakobus 3 :12
Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara? Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.
Apakah anda sudah memahaminya sekarang saudara2ku kekasih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar